>Optimasi Kinerja Windows XP

>

Ada beberapa Kunci dalam meningkatkan kinerja Windows XP yang menjadi salah satu operating system yang banyak digunakan di Indonesia. kebanyakan pengguna hanya diajarkan cara mengunakannya dan tanpa tau cara merawatnya.. dan seiring berjalannya waktu pada akhirnya merasakan bahwa Komputer yang digunakannya semakin lambat dan lambat.. padahal mereka tidak merawatnya sama sekali. dalam hal ini Operting System yang mereka gunakan.

Ada Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi windows XP yaitu penyaringan penggunaan memori RAM, kedua penyaringan penggunaan prosesor, pengalokasian hardisk, dengan melakukan sedikit konfigurasi dalam Operating sistem maka akan terjadi perubahan yang sangat relevan…

1.) Lakukan Optimasi Windows Start-Up
Windows Start-Up adalah proses-proses / program yang di load pada saat pertama kali windows di load.. dengan melakukan optimasi windows start up maka anda akan dapat menghemat penggunaan memory dan pemakaian prosesor dalam melakukan load windows.. karena yang melakukan load startup pada saat windows di load adalah prosesor.. prosesor dan hardisk akan bekerja untuk meload startup tersebut. setelah selesai akan disimpan dalam memory RAM(Random Access Memory). Alangkah baiknya jika proses/program tersebut di load pada saat kita membutuhkannya saja. Jadi kesimpulannya.. Matikan seluruh Start-Up yang kita tidak butuhkan.. 

Bagimana Cara Mematikan Start-up Windows :
-cara 1: Start > Run > ketik “msconfig” > lalu pilih tab Start-Up
-cara 2: Start > Run > ketik “regedit” >
> HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
> HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnce
> HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
> HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnce
> HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnceEx
– cara3 : gunakan Tools.. hal ini berguna jika msconfig dan regedit anda diserang virus.. Download Tools Autoruns

2.) Lakukan Optimasi Windows Service
Windows Service adalah Service yang berjalan di background proses.. service ini yang memungkinkan windows XP bekerja lebih smart dari Microsoft Operating System generasi Sebelumnya.. Service ini akan berjalan sepanjang komputer anda dihidupkan.. intinya hal ini akan memakan proses dan memory usage.. ada baiknya anda mematikan service yang hampir tidak pernah anda gunakan dan tidak anda gunakan sama sekali… karena apa… jelas boros memory dan proses usage.. untuk service2 yang anda jarang gunakan set startup type menjadi ‘Manual’. sedangkan untuk service tidak pernah anda gunakan set startup type menjadi ‘disabled’. 

cara untuk masuk ke bagian windows services:
– cara1: Start > Run > ketik “services.msc”
– cara 2 : Start > Control Panel > Administrative Tools > Services

3.) Lakukan Optimasi Style
Jika anda lebih mementingkan kinerja dibandingkan style maka anda dapat mengikuti tahap ini. dampaknya lumanyan terasa lho.. caranya adalah :
– Start > Control Panel > System > tab ‘Advanced’ > pilih ‘Setting’ pada Performance > pilih ‘Adjust for best performance’
Masuk ke Display Properties : (Start > Control Panel > Display)
– pada tab Screen Saver set menjadi ‘none’ pada bagian screen saver
– pada tab appearance > Effect > matikan semua efek
– pada tab appearance > set menjadi ‘windows classic style’ pada windows and button 

setelah melakukan hal tersebut maka tampilan style akan sangat minimalis… xckckckck selamat melepas rindu pada windows 9X… ckckck

4.) Lakukan Alokasi hardisk..
hal ini hanya dilakukan bila anda ingin melakukan format…
pisahkan drive partisi hardisk untuk system windows dengan data, pisahkan system windows dengan installan games anda. intinya Game dan data harus dipisahkan dari Drive tempat anda menginstall windows.. hal ini akan membuat system anda sedikit lebih cepat.. karena sedikitnya akses ke dalam drive yang sama.. 

– sisakan space hardisk system windows anda sekitar 1/4 dari kapasitas hardisk anda.. jangan dibiarkan penuh… akan sangat mempengaruhi kinerja windows…

5.) Tingkatkan Paging Memory.
hal ini dilakukan jika anda memiliki memory RAM anda dapat dibilang kecil. Tindakan ini akan memakan kapasitas hardisk anda untuk virtual paging memory. caranya : Start > System > Advanced > Performance Setting > Advanced > klik Change pada Virtual Memory. Rubah Initial Size menjadi 2 kali dari Maximum Size awal. dan Maximum size menjadi 2 kali Initial Size yang baru dirubah. lalu tekan set.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: